Senin, 30 Mei 2011

Hari minggu bukanlah akhir pekan

Apakah sobat planet pernah mendengar ada orang yang bilang "selamat berakhir pekan" pada hari minggu, atau bahkan mungkin sobat sendiri pernah mengatakan hal itu dan menganggap bahwa hari minggu, ahad, sunday adalah akhir pekan. kalau benar seperti itu, disini planetmaster ingin menjelaskan bahwa hari minggu bukanlah akhir pekan. tapi tenang saja tidak perlu malu untuk mengakuinya, karena sobat tidaklah sendirian. banyak orang diluar sana yang berpikiran sama .

bahkan pernah dijumpai juga ada penyiar berita yang mengatakan hal serupa "sampai jumpa dan selamat menikmati akhir pekan anda", dalam benak banyak orang, akhir pekan/ weekend dimaknai sebagai sabtu dan minggu. selain itu, akhir pekan identik dengan hari libur. untuk orang-orang yang bekerja pada hari-hari biasa, akhir pekan adalah saat yang tepat untuk rileks dan bersantai setelah senin hingga jum'at melakukan aktivitas.

sebagai hari ketujuh, memang sangat tepat kalau hari sabtu disebut sebagai akhir pekan bukannya hari minggu.

yang jadi permasalahannya, jika memang hari sabtu dan minggu diyakini sebagai akhir pekan, lalu dimanakah awal pekannya? . Apakah Hari senin?. banyak dari sobat menganggap bahwa hari senin adalah awal pekan karena awal untuk melakukan aktivitas dan rutinitas, seperti bekerja, pergi ke sekolah, kampus dan sebagainya.
dalam bahasa inggris, hari senin disebut Monday dan hari minggu disebut Sunday. dalam kamus "the advance learner's dictionary of current english" memberikan definisi bahwa sunday adalah "the first day of the week" , sedangkan monday didefinisikan sebagai "the second day of the week". dalam mayoritas masyarakat kita, yang didominasi oleh agama dan latar belakang islam, hari minggu sering disebut ahad, secara bahasa ahad artinya adalah satu atau pertama, jadi hari ahad (minggu) adalah hari pertama. senin juga berasal dari bahasa arab yaitu isnaini yang artinya dua atau kedua, selasa berasal dari kata salasatun yang artinya tiga atau ketiga, rabu berasal dari kata arba'a yang artinya empat atau keempat, kamis berasal dari kata khomsatun yang artinya lima atau kelima, dan jum'at berasal dari kata jam'an yang artinya enam atau keenam.
sabtu juga berasal dari kata sab'a yang berarti tujuh atau ketujuh, dengan demikian hari sabtu bermakna hari ketujuh. 
selain itu ada istilah sabat yang dikenal oleh masyarakat yahudi sebagai sebuta untuk hari sabtu sebagai hari ketujuh dan digunakan untuk beristirahat.

satu minggu terdiri dari tujuh hari dan seminggu disebut sepekan, sebagai hari ketujuh atau hari terkhir dalam sepekan, maka sangat tepat kalau hari sabtu yang disebut sebagai akhir pekan, bukannya hari minggu, akan tetapi hanya karena kebanyakan orang menikmati liburan dihari minggu dan baru memulai aktivitas di hari senin, kemudian secala salah kaprah melazimkan otak (brain conditioning) bahwa hari minggu adalah akhir pekan dan minggu adalah awal pekan, hati-hati jangan sampai batasan ilmiah menyalahi aturan yang ada.

nah sobat, setelah membaca artikel ini, masih menganggap hari minggu sebagai akhir pekan???
Comments
1 Comments

1 comments:

blogtronyok mengatakan...

wah, menarik Sob artikelnya..
sekalian absen di sini Sob...

Posting Komentar

Terima kasih atas saran konstruktif serta kunjungannya di blog ini. Anda boleh berkomentar dengan mencantumkan link blog atau website Anda. silakan share, tweet, email atau copy-paste artikel yang anda suka dalam blog ini. Tapi mohon untuk menampilkan link sumber yang mengacu pada artikel didalam blog ini (permalink). blogger sejati adalah blogger yang menghargai usaha, karya originalitas dan kreativitas orang lain.
salam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2011. planetanswer . All Rights Reserved
Home
Design by Muhamad Ikrar Alcaecar . Published by planetanswer